11 Juni 2012

2.6 Iklim


Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terletak di daerah tropis yang ditandai dengan temperatur yang tinggi dan curah hujan yang besar. Selain itu, wilayah ini berdekatan dengan laut, sehingga iklim di daerah ini banyak dipengaruhi oleh angin laut. Jumlah curah hujan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur cukup tinggi berkisar antara 698 — 1.221 mm/tahun dengan hari hujan rata-rata 135 hari pertahun. Curah hujan tertinggi terjadi pada Bulan Januari, yaitu sebesar 1.221 mm. Suhu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur cukup panas dengan suhu udara minimum sebesar 29o c.
Curah hujan di suatu tempat antara lain dipengaruhi oleh keadaan iklim, keadaan orografi dan perputaran/ pertemuan arus udara. Oleh karena itu jumlah curah hujan beragam menurut bulan dan letak suatu tempat. Rata-rata curah hujan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur selama tahun 2011 adalah 880,5 mm. Secara jelas mengenai jumlah curah hujan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur menunjukan angka yang cukup besar terhadap wilayah ini.
 
Berdasarkan angka rata-rata 880,5 mm per tahun, tentunya akan memberikan kondisi yang baik terhadap pemenuhan kebutahan air bersih dimana sebagian besar dari masyarakat diwilayah ini menggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, khusunya untuk kebutuhan konsumsi penduduk.
 
Suhu rata-rata selama tahun 2011 adalah 30,2 o c sepanjang tahun 2011 suhu minimal 29oc dan suhu maksimal 31oc.

0 komentar:

Posting Komentar