12 Juni 2012

3.3. Kesehatan


Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur secara umum fasilitas kesehatan balk dari tingkat pelayanan untuk skala kabupaten, skala kecamatan bahkan desa sudah terdapat meskipun jumlah dan sebarannya belum sepenuhnya mampu melayani kebutuhan penduduk.
Penyediaan berbagai sarana kesehatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sampai pada tahun 2011 ini jumlah Rumah Sakit 1 buah, Puskesmas 17 buah dan Pustu 61 buah. Disamping penyediaan sarana kesehatan yang berguna untuk melayani masyarakat dibidang kesehatan hingga sampai ke pelosok desa, juga diperlukan penyediaan tenaga medis /kesehatan lainnya. Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sampai tahun 2010 hanya terdapat 50 orang tenaga dokter, 127 orang tenaga bidan, dan 136 perawat yang tersebar disetiap kecamatan.
Secara umum balk jumlah fasilitas maupun jumlah tenaga medis belum memenuhi standar pelayanan yang seharusnya. Ada beberapa factor yang mepengaruhi hal tersebut diantara lain adalah kondisi wilayah dimana pusat-pusat permukiman dengan lokasi fasilitas berada berjauhan, yang kedua adalah sumberdaya manusia dibidang kesehatan masih relative sedikit.
Untuk jenis penyakit yang diderita oleh masyarakat sampai saat ini didominasi oleh jenis penyakit hipertensi atau darah tinggi dan diabetes mellitus. Berdasarkan jenis penyakit tersebut tentunya meskipun jumlahnya masih relative kecil dan yang teridentifikasi baru sebagian kecil dari masyarakat, akan tetapi dapat dilihat bahwa jenis penyakit yang seperti hipertensi merupakan umumnya penyakit yang diderita oleh masyarakat kawasan perkotaan yang dipengaruhi oleh tekanan dari lingkungan yang menjenuhkan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table dibawah ini.
 

0 komentar:

Posting Komentar