12 Juni 2012

3.9. Pariwisata


            Objek pariwisata di Kabupaten Tanjung Jabung Timur cukup banyak, yaitu 6 objek wisata alam, 3 objek wisata religi dan 1 objek wisata pantai yang tersebar di berbagai tempat. Namun objek pariwisata yang ada belum dikelola dengan baik.
Kabupaten Tanjung Jabung Timur dewasa ini mulai berbenah. Karena itu, upaya yang akan dilakukan dalam dua puluh tahun kedepan adalah mewujudkan dan mengembangkannya secara efektif dan efisien. Namun demikian, sesuai dengan visi yang telah ditetapkan semula, maka pengembangan pariwisata yang diinginkan adalah berbasis budaya lokal, wisata religi, dan kuliner.
Untuk mewujudkan hal ini, langkah pertama perlu diciptakan adalah pemahaman masyarakat yang baik terhadap pengertian dan manfaat pariwisata (sadar wisata) dan dukungan yang positif dan penuh dari seluruh lapisan masyarakat sehingga tercipta kondisi yang kondusif untuk pengembangan pariwisata tersebut. Selanjutnya, perlu pula diwujudkan dan dikembangkan objek-objek wisata dan kegiatan budaya yang menarik dan berlandaskan budaya dan keindahan alam serta dilengkapi dengan prasarana dan sarana yang baik serta industri cendera mata yang berkualitas untuk mengembangkan daya tarik wisata yang cukup besar, termasuk fasilitas penunjang pada sentra wisata kuliner. Sejalan dengan hal ini perlu pula diciptakan dan dike mbangkan pusat-pusat informasi pariwisata yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi informasi yang baik, tersedianya tenaga pemandu wisata yang fasih berbahasa Inggris dan berkembangnya perusahaan biro perjalanan berkualitas dan professional Pembangunan ke pariwisataan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dilakukan       melalui pengembangan  industri pariwisata, destinasi pariwisata, pemasaran dan
kelembagaan pariwisata.  Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki berbagai ragam daya tarik wisata andalan maupun potensial, meliputi daya tarik wisata alam, daya tarik wisata minat khusus, dan daya tarik wisata budaya/sejarah, hal ini tidak terlepas dari keindahan alamnya.

0 komentar:

Posting Komentar