12 Juni 2012

3.8. Transportasi


Kondisi sarana dan prasarana di  Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat ini masih belum sepenuhnya mampu mendukung aktifitas pembangunan daerah. Prasarana transportasi darat berupa jalan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang dan jasa serta pelayanan pergerakan masyarakat, kondisinya belum sepenuhnya baik.
Panjang jalan di kabupaten Tanjung Jabung Timur ± 1.072,9 Km, berdasarkan kewenangannya terbagi menjadi 3, yaitu jalan provinsi sepanjang 168,75 Km atau 16 %, jalan kabupaten 893,75 Km atau 83% dan jalan kota 10,4 Km atau 1 %.
            

Dalam kaitannya dengan aksesibilitas ke lokasi usaha, jalan usaha tani masih sangat minim sekali di daerah perdesaan, kecuali pada beberapa daerah tertentu yang industri kecil di pedesaan mempunyai akses yang rendah karena terbatasnya kondisi jalan secara kuantitas dan kualitas dari lokasi usaha tani ke lokasi bahan baku dan pasar usaha tani. Kondisi jalan antar ibukota  dan ibukota kabupaten/kota dalam  relatif baik, kondisi jalannya relatif baik sampai ke pedesaan.
Sebagai wilayah yang dilalui oleh sungai, maka kabupaten ini memiliki 6 buah pelabuhan, salah satunya adalah pelabuhan laut yaitu pelabuhan samudra yang mempunyai kawasan terluas yaitu 4 Ha, selebihnya adalah pelabuhan lokal sebagai angkutan sungai.

0 komentar:

Posting Komentar